SMK Binawiyata Sragen

  • This is default featured slide 1 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

  • This is default featured slide 2 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

  • This is default featured slide 3 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

  • This is default featured slide 4 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

  • This is default featured slide 5 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Pengaruh Globalisasi Terhadap Perkembangan Mental Generasi Muda Indonesia

Arus globalisasi begitu cepat merasuk ke dalam masyarakat terutama di kalangan muda. Pengaruh globalisasi terhadap anak muda juga begitu kuat. Pengaruh globalisasi tersebut telah membuat banyak anak muda kita kehilangan kepribadian diri sebagai bangsa Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan gejala- gejala yang muncul dalam kehidupan sehari- hari anak muda sekarang.
Dari cara berpakaian banyak remaja- remaja kita yang berdandan seperti selebritis yang cenderung ke budaya Barat. Mereka menggunakan pakaian yang minim bahan yang memperlihatkan bagian tubuh yang seharusnya tidak kelihatan. Pada hal cara berpakaian tersebut jelas- jelas tidak sesuai dengan kebudayaan kita. Tak ketinggalan gaya rambut mereka dicat beraneka warna. Pendek kata orang lebih suka jika menjadi orang lain dengan cara menutupi identitasnya. Tidak banyak remaja yang mau melestarikan budaya bangsa dengan mengenakan pakaian yang sopan sesuai dengan kepribadian bangsa.
        Teknologi internet merupakan teknologi yang memberikan informasi tanpa batas dan dapat diakses oleh siapa saja. Apa lagi bagi anak muda internet sudah menjadi santapan mereka sehari- hari. Jika digunakan secara semestinya tentu kita memperoleh manfaat yang berguna. Tetapi jika tidak, kita akan mendapat kerugian. Dan sekarang ini, banyak pelajar dan mahasiswa yang menggunakan tidak semestinya. Bukan hanya internet saja, ada lagi pegangan wajib mereka yaitu handphone. Rasa sosial terhadap masyarakat menjadi tidak ada karena mereka lebih memilih sibuk dengan menggunakan handphone.
        Dilihat dari sikap, banyak anak muda yang tingkah lakunya tidak kenal sopan santun dan cenderung cuek tidak ada rasa peduli terhadap lingkungan. Karena globalisasi menganut kebebasan dan keterbukaan sehingga mereka bertindak sesuka hati mereka. Contoh riilnya adanya geng motor anak muda yang melakukan tindakan kekerasan yang menganggu ketentraman dan kenyamanan masyarakat.
        Jika pengaruh-pengaruh di atas dibiarkan, mau apa jadinya genersi muda tersebut? Moral generasi bangsa menjadi rusak, timbul tindakan anarkis antara golongan muda. Hubungannya dengan nilai nasionalisme akan berkurang karena tidak ada rasa cinta terhadap budaya bangsa sendiri dan rasa peduli terhadap masyarakat. Padahal generasi muda adalah penerus masa depan bangsa. Apa akibatnya jika penerus bangsa tidak memiliki rasa nasionalisme?
        Berdasarkan analisa dan uraian di atas pengaruh negatif globalisasi lebih banyak daripada pengaruh positifnya. Oleh karena itu diperlukan langkah untuk mengantisipasi pengaruh negatif globalisasi terhadap nilai nasionalisme.
 Antisipasi Pengaruh Negatif Globalisasi Terhadap Nilai Nasionalisme
Langkah- langkah untuk mengantisipasi dampak negatif globalisasi terhadap nilai- nilai nasionalisme antara lain yaitu :
  1. Menumbuhkan semangat nasionalisme yang tangguh, misal semangat mencintai produk dalam negeri.
  2. Menanamkan dan mengamalkan nilai- nilai Pancasila dengan sebaik- baiknya.
  3. Menanamkan dan melaksanakan ajaran agama dengan sebaik- baiknya.
  4. Mewujudkan supremasi hukum, menerapkan dan menegakkan hukum dalam arti sebenar- benarnya dan seadil- adilnya.
  5. Selektif terhadap pengaruh globalisasi di bidang politik, ideologi, ekonomi, sosial budaya bangsa.
Dengan adanya langkah- langkah antisipasi tersebut diharapkan mampu menangkis pengaruh globalisasi yang dapat mengubah nilai nasionalisme terhadap bangsa. Sehingga kita tidak akan kehilangan kepribadian bangsa.
Share:

UNDANG-UNDANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL

UNDANG-UNDANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL
(analisis terhadap kebijakan perubahan UUSPN no 2 Tahun 1989 menjadi
UU SISDIKNAS Nomor 20 tahun 2003)[i]
Oleh : Ahmad Farhan Syaddad
A. Pendahuluan
Setidaknya ada dua Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional yang pernah dimiliki Indonesia yaitu Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang selanjutnya lebih di kenal dengan nama UUSPN. Dan yang kedua Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sisten Pendidikan Nasional yang selanjutnya lebih dikenal dengan nama UU SISDIKNAS, sebelum adanya kedua Undang-undang yang mengatur tentang system pendidikan nasional, Indonesia hanya memiliki Undang-undang tentang pokok-pokok pengajaran dan pendidikan yaitu Undang-undang Nomor 4 tahun 1950.
Adanya perubahan UUSPN No.2 tahun 1989 menjadai UU SISDIKNAS No. 20 tahun 2003 dimaksudkan agar system pendidikan nasional kita bisa menjadi jauh lebih baik dibanding dengan system pendidikan sebelumnya. Hal ini seperti yang dikemukan oleh seorang pengamat hokum dan pendidikan, Frans Hendrawinata[ii] beliau mengatakan bahwa dengan adanya undang-undang sistem pendidikan nasional yang baru, maka diharapkan undang-undang tersebut dapat menjadi pedoman bagi kita untuk memiliki suatu sistem pendidikan nasional yang mantap, yang dapat menjamin terpenuhi kebutuhan masyarakat akan sumber daya manusia yang berkualitas. Apalagi mengingat semakin dekatnya era keterbukaan pasar. Hal tersebut sesungguhnya harus menjadi kekhawatiran bagi kita semua mengingat kualitas sumber daya manusia di Indonesia berada di bawah negara-negara lain termasuk negara-negara tetangga di Asean. Oleh sebab itulah diperlukan suatu platform berupa sistem pendidikan nasional yang dapat menciptakan sumber daya manusia yang mampu bersaing dengan dunia internasional khususnya dalam era keterbukaan pasar saat ini.
B. Analisis
Saat kedua undang-undang tersebut baik UUSPN No 2 tahun 1989 maupun UU SISDIKNAS  Nomor 20 tahun 2003 masih berupa Rencana undang-undang terjadi berbagai kontroversi, misalnya saat UUSPN nomor 2 tahun 1989 akan diundangkan banyak sekali protes dari kalangan muslim yang menghendaki adanya perubahan-perubahan pada pasal tertentu yang dipandang tidak mencerminkan pendidikan yang mengarah pada pembentukan Ahlaq dan budi pekerti bahkan tokoh-tokoh Islam Bogor seperti K.H. Sholeh Iskandar dan KH. TB Hasan Basri menyebut RUU tersebut sebagai RUU yang tidak bermoral. Mengapa demikian karena pada UU tersebut tidak terdapat pasal khusus yang mengatur pendidikan agama. Pengaturan itu ada pada penjelasan Pasal 28 Ayat 2 yang menyatakan, “Tenaga pengajar pendidikan agama harus beragama sesuai dengan agama yang diajarkan dan agama peserta didik yang bersangkutan”. Padahal dalam UU sebelumnya yaitu Dalam pasal 20 UU No 4/1950 dinyatakan, 1) Dalam sekolah-sekolah negeri diadakan pelajaran agama; orang tua murid menetapkan apakah anaknya akan mengikuti pelajaran tersebut; 2) Cara menyelenggarakan pengajaran agama di sekolah-sekolah negeri diatur dalam peraturan yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan, bersama-sama dengan Menteri Agama
Di sisi lain RUU SPN No. 2 tahun 1989 justru memberikan warna baru untuk lembaga pendidikan Islam dimana dengan diberlakukannya UUSPN No 2 tahun 1989 madrasah-madrash mendapat perlakuan yang sama dengan sekolah umum lainnya karena dalam UUSPN tersebut madrasah dianggap sebagai sekolah umum yang berciri khas Islam dan kurikulum madrasah sama persis dengan sekolah umum plus pelajaran agama Islam sebanyak tujuh mata pelajaran. Secara operasional, integrasi madrasah ke dalam sistem pendidikan nasional ini dikuatkan dengan PP No. 28 tahun 1990 dan SK MenDepartemen Pendidikan Nasional No. 0487/U/ 1992 dan No. 054/U/ 1993 yang antara lain menetapkan bahwa MI/MTs wajib memberikan bahan kajian sekurang kurangnya sama dengan “SD/SMP”. Surat-surat Keputusan ini ditindak lanjuti dengan SK Menteri Agama No. 368 dan 369 tahun 1993 tentang penyelenggaraan MI dan MTs. Sementara tentang Madrasah Aliyah (MA) diperkuat dengan PP Nomor 29 tahun 1990, SK MenDepartemen Pendidikan Nasional Nomor 0489/U/ 1992 (MA sebagai SMA berciri khas agama Islam) dan SK Menag Nomor 370 tahun 1993. Pengakuan ini mengakibatkan tidak ada perbedaan lagi antara MI/MTs/MA dan SD/SMP/SMA selain ciri khas agama Islamnya)[iii]
Sementara saat akan diundangkannya RUU SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003 terjadi juga kontroversi dimana RUU ini dianggap oleh  Kelompok tertentu sebagai RUU yang  sangat tidak pluralis. Yang dianggap paling kontroversial adalah Pasal 13 ayat 1a yang berbunyi: “Setiap peserta didik berhak mendapatkan pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianut dan diajarkan oleh pendidik yang seagama”.
Selain itu ada juga yang berpendapat bahwa visi dan misi pendidikan nasional sangat terfokus pada nilai-nilai keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak dan berbudi mulia. Konsep itu mengesampingkan tugas mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuan pendidikan nasional dipersempit secara substansial. Padahal tugas untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan adalah tugas lembaga keagamaan dan masyarakat, bukan lembaga pendidikan.
Mereka yang menentang umumnya datang dari kalangan lembaga-lembaga pendidikan swasta non-Islam, sedangkan yang mendukung adalah dari kelompok penyelenggara pendidikan Islam. Hal yang ditentang adalah yang menyangkut keharusan sekolah-sekolah swasta menyediakan guru agama yang seagama dengan peserta didik. Pasal ini menimbulkan konsekuensi biaya terhadap lembaga-lembaga penyelenggara pendidikan baik Kristen maupun Islam. Karena mereka harus merekrut guru-guru agama sesuai dengan keragaman agama anak didiknya.
Pasal ini sangat adil. Sebab, sekolah-sekolah non-Islam dan Islam dikenai kewajiban yang sama. Sekolah-sekolah Islam menyediakan guru agama dari non-Islam, sebaliknya sekolah-sekolah non-Islam menyediakan guru-guru agama Islam. Hanya realitasnya adalah banyaknya anak-anak dari keluarga Islam yang bersekolah di sekolah non-Islam. Sementara itu anak-anak dari keluarga non-Islam sedikit sekali – untuk tidak menyatakan tidak ada – yang bersekolah di lembaga-lembaga pendidikan yang berwatak Islam.
Konsekuensinya, beban anggaran sekolah-sekolah non-Islam untuk menyediakan guru-guru agama Islam lebih besar daripada anggaran sekolah-sekolah swasta Islam untuk menggaji guru-guru agama lain. Padahal UU itu cukup adil. Masalah itu bisa terjawab manakala pemerintah menyediakan dan menanggung gaji guru-guru agama itu. Atau beban itu diserahkan sepenuhnya ke orang tua anak didik, bukan lembaga pendidikan. Jika ini tidak diatasi, akan menimbulkan bahaya besar. Sekolah-sekolah swasta baik Islam maupun non-Islam karena keterbatasan anggaran lalu membatasi jumlah anak didik yang berbeda agama.
Departemen Agama (Depag) sudah mengantisipasi dengan menyediakan tenaga guru-guru agama bila RUU Sisdiknas ini disahkan. Jadi, sebetulnya tidak masalah dan mengkhawatirkan soal tenaga guru untuk memenuhi tenaga pengajar di sekolah-sekolah non-Islam.
Lain halnya jika dalam memaknai dan memahami pasal 13 RUU Sisdiknas, semula kalangan dari penyelenggara negara sampai lembaga-lembaga pendidikan keagamaan masih terjebak pada kecurigaan-kecurigaan isu agama seperti adanya islamisasi dan seterusnya yang semestinya sudah lama dihilangkan.
Jika kita lihat perjalanan diberlakukannya kedua undang-undang tersebut tidaklah ada yang berjalan mulus kedua-duanya mengandung kontoversi dan pada akhirnya dibalik semua kontroversi yang ada pada tanggal 8 Juli 2003 Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang system pendidikan Nasional disyahkan oleh Presiden Republik Indonesia Megawati Soekarno Putri.
Banyak sekali keuntungan yang dirasakan oleh ummat Islam dengan diberlakukannya UU SISDIKNAS No. 20 tahun 2003 ini, diantaranya :
  1. Tujuan Pendidikan Nasional sangat memberikan peluang untuk merealisasikan  nilai-nilai Al Quran yang menjadi tujuan pendidikan Islam yaitu terbentuknya manusia yang beriman dan bertaqwa (pasal 3).
  2. Anak-anak Muslim yang sekolah di lembaga pendidikan Non Islam akan terhindar dari pemurtadan, karena anak-anak tersebut akan mempelajari mata pelajaran agama sesuai dengan yang dianut oleh siswa tersebut dan diajarkan oleh guru yang seagama dengan dia (Pasal 12 ayat 1a)
  3. Madrasah-madrasah dari semua jenjang terintegrasi dalam system pendidikan nasional secara penuh (Pasal 17 dan 18)
  4. Pendidikan keagaamaan seperti Madrasah diniyah dan pesantren mendapat perhatian khusus pemerintah, karena pendidikan keagamaan tidak hanya diselenggarakan oleh kelompok masyarakat tetapi juga diselenggarakan oleh pemerintah (Pasal 30).
  5. Pendidikan Agama diajarkan mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi (Pasal 37).
C. Faktor-Faktor yang mempengaruhi perubahan UUSPN No 2/89 menjadi UUSISDIKNAS No 20/2001.
Faktor-faktor yang mempengaruhi dirubahnya UUSPN No 2/89 menjadi    UUSISDIKNAS No 20 Tahun 2003 diantaranya adalah :
  1. UUSPN No. 2 Tahun 1989  masih bersifat sentralistik
  2. UUSPN No. 2 Tahun 1989 masih belum bermutu, kemudian sesuai tuntutan dalam UUSISDIKNAS No. 20 tahun 2003 dibuatlah Standar Nasional Pendidikan
  3. UUSPN No. 2 Tahun 1989 belum mengarah pada pendidikan untuk semua
  4. Belum Mengarah pada pendidikan seumur hidup
  5. Pendidikan belum link and match dengan dunia usaha dan dunia kerja.
  6. Belum menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur.
D. Penutup
Selama tidak ada keinginan dan tidak memiliki prinsip bahwa hari ini harus jauh lebih baik dari hari kemarin maka sehebat apapun undang-undang yang dibuat tetapi tidak meiliki keinginan untuk memperaktekannya di lapangan, maka undang-undang tersebut hanya bagaikan guru di atas kertas tetapi menjadi tikus pada tataran realita.
DAFTAR BACAAN
  1. Departemen Pendidikan Nasional, UUSPN No.2 tahun 1989
  2. Departemen Pendidikan Nasional, UU SISDIKNAS No 20 tahun 2003
  1. Husni Rahim, Pengakuan madrasah sebagai sekolah umum (berciri khas Islam) dalam http://pendis.depag.go.id
  1. Eko Budi Harsono, RUU Sistem Pendidikan Nasional dan Jebakan Isu Agama
dalam http://www.suarapembaruan.com
Share:

Membuat Daftar Isi Blog lengkap Otomatis

Langkah langkanya :
  1. Silahkan login blog anda
  2. Masuk/buka Dasbor
  3. Pilih Tab Posting
  4. Pilih Tab Edit Laman
  5. Buat laman baru
  6. Copy - Paste Script di bawah ini :
<style type="text/css">
#dafis-acc{ font-family:"Trebuchet MS", Tahoma, Verdana, Arial, Helvetica, sans-serif; font-size:12px; color:#333; background:url(http:https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhbOoBH7VhP9xbHJzbb4m_CdxkZ2ogn_ycKTYh573oSAbBbNPi33t_GJ4j9jE0Dn-2SIVI6Lszsn1yx9AYofEY_AC8ziVuALGLt9NEcFcdVFaOfRegUI3xWqhjolh9Nl_WxY5WYlBrZNP0/d/bg5.gif) repeat-y scroll left center #E7F7FB; padding:2px 0; border:1px solid #339DC6; } 

.dafis-label{ background:url(http:https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEik9KIqnUqrwdYEWnygV08KATZ990DmW5BV615FAZP8PrpMkVbLP3flLyH_7M2-7MveuHntqx50glcc2qpCy0ocQsp0xYBSUDVLAZssjJ6bEz344NaNkFek3WsTkVK09p0NX4hyphenhypheniAu8qsI/d/bg4.gif) repeat-x scroll 0 0 #E1F4FB; font-weight:bold; line-height:1.4em; overflow:hidden; white-space:nowrap; vertical-align: baseline; margin: 1px 3px; outline: none; cursor: pointer; text-decoration: none; padding: 2px 10px; color: #fff; text-shadow: 0 1px 1px rgba(0,0,0,.3); border:1px solid #2F94BA; } .dafis-label:hover{ background:url(https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgZq7DdOaIkGVh7AdcJIHdlVrBs70xmZgNeTBn6AdQp1oUBjZsUIyir0Y1cDekYAd6zMWQ9N4h1eQfnUVEAEIfbRKt6W6QnxU2sEIkSMN9UpEIgb99A1NiEqzzRfDxdJX_W41VdqS_p9UI/d/bg2.gif) repeat-x scroll 0 0 #E1F4FB; color:#003366; } .dafis-daf ol{ margin:0 0 0 30px !important; padding:0 !important; } .dafis-daf ol li{ background-color:#C9E9F4; line-height:1.5em; margin:1px 3px !important; white-space:nowrap; text-align:left; border:1px solid #339DC6; } .dafis-daf ol li a{ text-decoration: none !important; color:#333 !important; display:block; padding-left:10px; } .dafis-daf ol li a:hover{ background: #7BC4DF; border-left: 5px #333 solid; padding-left: 5px; text-shadow: 0 1px 1px rgba(0,0,0,.3); }
</style>

<script src="http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.3.2/jquery.min.js" type="text/javascript">
</script>
<script src="http://my-mouse.googlecode.com/files/Acc1.js" type="text/javascript">
</script>
<script src="http://ganti-blog-anda.blogspot.com/feeds/posts/summary?max-results=1000&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
</script>

Hasilnya mudah mudahan seperti ini :


Setiap kita posting akan masuk secara otomatis ke dalam daftar isi ini
semoga bermanfaat

Demonya dapat dilihat klik disini
Share:

Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

A.      Pengertian Motivasi
Motivasi dapat diartikan sebagai kekuatan (energi) seseorang yang dapat menimbulkan tingkat persistensi dan antusiasmenya dalam melaksanakan suatu kegiatan, baik yang bersumber dari dalam diri individu itu sendiri (motivasi intrinsik) maupun dari luar individu (motivasi ekstrinsik). Seberapa kuat motivasi yang dimiliki individu akan banyak menentukan terhadap kualitas perilaku yang ditampilkannya, baik dalam konteks belajar, bekerja maupun dalam kehidupan lainnya.
B.       Fungsi dan Pengaruh Motivasi
Motivasi mempunyai fungsi yang penting dalam belajar, karena motivasi akan menentukan intensitas usaha belajar yang dilakukan siswa. Hawley (Yusuf 1993 : 14) menyatakan bahwa para siswa yang memiliki motivasi tinggi, belajarnya lebih baik dibandingkan dengan siswa yang motivasi belajarnya rendah. Sardiman (1988 : 84)  mengemukakan ada tiga fungsi motivasi, yaitu :
  1. Mendorong manusia untuk berbuat. Motivasi dalam hal ini merupakan motor penggerak dari setiap kegiatan yang akan dikerjakan ;
  2. Menuntun arah perbuatan, yakni ke arah tujuan yang hendak dicapai, dengan demikian motivasi dapat memberi arah, dan kegiatan yang harus dikerjakan sesuai dengan rumusan tujuannya ;
  3. Menyeleksi perbuatan, yakni menentukan perbuatan-perbuatan apa yang harus dikerjakan yang serasi guna mencapai tujuan, dengan menyisihkan perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat bagi tujuan tersebut.
C.      Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Dalam rangka mengupayakan agar motivasi belajar siswa tinggi, seorang guru menurut Winkel (1991) hendaknya selalu memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
  1. Seorang guru hendaknya mampu mengoptimalisasikan penerapan prinsip belajar, pada prinsipnya harus memandang bahwa dengan kehadiran siswa di kelas merupakan suatu motivasi belajar yang datang dari siswa.
  2. Guru hendaknya mampu mengoptimalisasikan unsur-unsur dinamis dalam pembelajaran, karena dalam proses belajar, seorang siswa terkadang dapat terhambat oleh adanya berbagai permasalahan. Hal ini dapat disebabkan oleh karena kelelahan jasmani ataupun mental siswa.  Untuk itu upaya yang dapat dilakukan  seorang guru (Dimyati, 1994 : 95) adalah dengan cara :
    1. memberi kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan hambatan belajar yang di alaminya ;
    2. meminta kesempatan kepada orang tua siswa agar memberikan kesempatan kepada siswa untuk beraktualisasi diri dalam belajar ;
    3. memanfaatkan unsur-unsur lingkungan yang mendorong belajar ;
    4. menggunakan waktu secara tertib, penguat dan suasana gembira terpusat pada perilaku belajar ;
    5. merangsang siswa dengan penguat memberi rasa percaya diri bahwa ia dapat mengatasi segala hambatan dan pasti berhasil.
    6. Guru mengoptimalisasikan pemanfataan pengalaman dan kemampuan siswa. Perilaku belajar yang ditunjukkan siswa merupakan suatu rangkaian perilaku yang ditunjukkan pada kesehariannya. Untuk itu, maka pengalaman yang diberikan oleh guru terhadap siswa dalam meningkatkan motivasi belajar menurut Dimyati dan Mudjiono (1994) adalah dengan cara :
      • siswa ditugasi membaca bahan belajar sebelumnya, tiap membaca hal-hal penting dari bahan tersebut dicatat.
      • guru memecahkan hal yang sukar bagi siswa dengan cara memecahkannya.
      • guru mengajarkan cara memecahkan dan mendidik keberanian kepada siswa dalam mengatasi kesukaran.
      • guru mengajak serta siswa mengalami dan mengatasi kesukaran.
      • guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mampu memecahkan masalah dan mungkin akan membantu rekannya yang mengalami kesulitan.
      • guru memberi penguatan kepada siswa yang berhasil mengatasi kesulitan belajarnya sendiri.
      • guru menghargai pengalaman dan kemampuan siswa agar belajar secara mandiri.
Share:

Setting Profil Internet Modem GSM dan CDMA

Salah satu dari anda mungkin sedang mencari-cari /membutuhkan informasi tentang cara setting profil internet (parameter setting) modem/ dial up. Nah, di bawah ini dapat anda contoh cara setting profil untuk masing-masing operator (kartu) yang anda pakai.
Biasanya untuk GSM kita harus isi :
- USERNAME
- PASSWORD
- APN
- DIAL NUMBER (Semua GSM standarnya diisi *99#)
Dan biasanya untuk CDMA/EVDO diisi:
- USERNAME
- PASSWORD
- DIAL NUMBER (Semua CDMA/EVDO standarnya diisi #777)
===================================================
Parameter GSM
Telkomsel
Username : wap
Password : wap123
APN : telkomsel
Dial Number : *99#
Authentication : chap
Telkomsel Unlimited/Volumebase
Username : (dikosongkan)
Password : (dikosongkan)
APN : telkomsel / internet
Dial Number : *99#
Authentication : chap
XL
Username : xlgprs
Password : proxl
APN : www.xlgprs.net
Dial Number : *99#
XL Unlimited
Username : (dikosongkan)
Password : (dikosongkan)
APN : xlunlimited
Dial Number : *99#
AXIS
Username : axis
Password : 123456
APN : axis
Dial Number : *99#
3
Username : 3gprs
Password : 3gprs
APN : 3gprs
Dial Number : *99#
3 Unlimited
Username : 3data
Password : 3data
APN : 3data
Dial Number : *99#
Matrix
Username : indosat
Password : indosat
APN : indosatgprs.com
Dial Number : *99#
IM3
Username : gprs
Password : im3
APN : www.indosat-m3.net
Dial Number : *99#
GPRS Volume Based
Username : indosat
Password : indosat
APN : indosatgprs
Dial Number : *99#
GPRS Duration Based
Username : indosat@durasi
Password : indosat@durasi
APN : indosatgprs
Dial Number : *99#
IM2 Unlimited
Username : sesuai waktu registrasi
Password : sesuai waktu registrasi
APN : indosatm2
Dial Number : *99#
IM2 Paket pas/asik
Username : (kode tersembunyi di Customer ID)
Password : (kode tersembunyi di Activation Code)
APN : indosatm2
Dial Number : *99#
===================================================
Parameter CDMA / EVDO
Smart
Username : smart
Password : smart
Dial Number : #777
Flexi
Username : telkomnet@flexi
Password : telkom
Dial Number : #777
Flexi Unlimited
Username : (sesuai waktu registrasi)
Password : telkom
Dial Number : #777
Fren
Username : m8
Password : m8
Dial Number : #777
Mobi
Username : (sesuai waktu registrasi)
Password : (sesuai waktu registrasi)
Dial Number : #777
Esia
Username : esia
Password : esia
Dial Number : #777
AHA / Esia
Username : aha@aha.co.id
Password : aha
Dial Number : #777
====================================================
Mungkin daftar diatas ada yg belum lengkap atau malah mungkin ada yg sudah berubah. Jika ada tambahan atau info lainnya silahkan tinggalkan komentar
Share:

Registrasi Akun AlertPay

Berikut tips dari Belajar Ilmu Komputer untuk membuat rekening AlertPay agar bisa digunakan dalam bertransaksi di internet, seperti melakukan pembelian, pembayaran, pengiriman dan penerimaan uang..

Pertama-tama masuk ke website AlertPay kemudian klik Sign Up Now, kemudian pada Choose Your Country pilih Negara tempat tinggal anda (Indonesia).

Untuk Choose Your Account Type pilih Personal Starter dengan cara klik pada lingkaran kecil yang berada di sebelah kiri tulisan Personal Starter. Kemudian klik Next.

Langkah berikutnya adalah melengkapi informasi data diri anda seperti :

Nama Depan (First Name)
Nama Belakang (Last name)
Alamat baris pertama (Address Line1)
Alamat baris kedua (address line2)
Kota (city/town)
Negara (Country)
Propinsi (Region)
Kode POS (Postal Code)
Kewarganegaraan (Country of Citizenship)
No telpon rumah (home phone)
Telpon Kantor (Work Phone)
Telpon Seluler (Mobile Phone)
Pekerjaan (occupation)
Tanggal Lahir (date of birth)

Isi semua data diri anda dengan benar kemudian klik Next untuk lanjut ke langkah berikutnya yaitu Melengkapi akun alertpay anda seperti :

Alamat email (email address), masukan alamat email yang anda miliki (misalnya cariuang@yahoo.com).
Re-enter Email Address, masukan alamat email anda sekali lagi.
Passsword, isikan dengan password yang anda kehendaki dan tidak boleh kurang dari 6 huruf/character.
Re-enter Password, ulangi mengisi password anda.
Transaction PIN, masukan Nomor PIN seperti nomor PIN pada ATM dengan minimum jumlah character 4 dan maksimum jumlah character 8
Re-enter Transaction PIN, masukan sekali lagi PIN anda.
Security Question1, Pilih sebuah pertanyaan yang mudah anda ingat, ini dimaksud agar suatu saat nanti bila ada melupakan password anda maka AlertPay akan menanyakan pertanyaan ini kepada anda, bila di jawab sesuai dengan jawaban yang kita ketik pada Answer1 maka kita berhak mendapatkan password pengganti dari AlertPay.

Contoh :
Apabila anda menghendaki pada Security Question1 yang anda pilih adalah City of Birth maka jawaban yang harus di ketik pada Answer1 adalah nama kota kelahiran anda misalnya Denpasar, maka ketik Denpasar.
Answer1, jawaban untuk pertanyaan pertama (Security Question1).
Begitu juga dengan Security Question2 dan Answer2, pilihlah pertanyaan yang sesuai dan jawaban yang tentunya harus anda ingat.
Third Party tidak usah diubah, biarkan pada keadaan default.
Kemudian untuk Word Verification, ketik semua huruf yang terlihat dalam kotak.
Kemudian berikan tanda centang pada I agree to AlertPay’s user agreement.

Klik Register.

Sekarang rekening anda di AlertPay sudah berhasil di buat dan silahkan melakukan transaksi di Internet.

Selamat mencoba…
Share:

Bagaimana cara mendapatkan uang dari PTC

Sebelum kita merencanakan untuk mencoba mencari uang di internet sebaiknya kita mengenal dulu beberapa program yang ditawarkan di internet seperti Pemasangan Iklan (advertising), Pemajangan iklan (Publishing) serta program afiliasi lainnya.

Untuk yang sering menggunakan internet tidak ada salahnya mencoba program PTC (Paid To Click). Kenapa tidak mencoba toh semuanya gratis dan kita tidak perlu memiliki kemampuan seperti seorang programmer karena kita hanya diwajibkan membaca iklan.
Apa itu PTC ? PTC adalah singkatan dari Paid To Click, yang merupakan salah satu program periklanan yang di sediakan di internet.

Berbeda dengan PPC (Pay Per Click) yang menyediakan iklan bagi pemilik web atau blog untuk memasang iklan di halaman web atau blog, sehingga kita harus memiliki website atau blog agar bisa memasang iklan untuk di klik para pengunjung wesite atau blog dan kita sebagai pemilik web atau blog tidak diperkenankan untuk me-click sendiri iklan yang terpasang pada web atau blog kita.

PTC (Paid To Click) memang disediakan untuk siapa saja yang mau mencari uang di internet dengan klik dan membaca iklan.
PTC tidak mengharuskan kita untuk memiliki website atau blog, yang harus dimiliki adalah alamat email dan registrasi rekening kita pada AlertPay atau rekening PayPal. Ini karena setiap pembayaran dari Penyedia layanan Iklan biasa di lakukan dengan menggunakan kedua rekening tersebut.
Belum punya rekening AlertPay klik di sini untuk melihat panduan membuat rekening AlertPay.

Bila belum memiliki rekening AlertPay silahkan registrasi di sini, dan untuk PayPal registrasi di sini. Setelah membuat rekening anda pada AlertPay atau PayPal maka selanjutnya anda sudah bebas surfing untuk mencari dan meraup dolar di internet.
Bagaimana cara kerja PTC ?

Kita harus mendaftar/registrasi dulu pada sebuah website yang menyediakan layanan PTC, setelah itu gunakan akun kita untuk login/sign-in untuk me-klik iklan yang tersedia dan membacanya selama 30 detik maka iklan yang kita klik dan baca akan dihargai dengan nilai dolar tertentu.
Jadi tugas kita hanya Klik dan baca iklan maka kita di bayar hanya dengan membaca iklan dan semuanya ini dilakukan dengan gratis.
Berikut ini beberapa PTC yang sudah saya ikuti, dengan nilai iklan per klik bagi member standard (gratis) dan member premium (berbayar).

Bila ingin mencoba mencari uang di internet silahkan klik baner-baner di bawah ini untuk registrasi, dan lanjutkan dengan login dan klik iklan yang disediakan untuk mendapatkan uang/dolar.
Selain kita sendiri me-klik iklan yang di sediakan pada website PTC, kita juga diperbolehkan untuk mencari downline layaknya MLM (Multi Level Marketing), dan apabila dowline me-klik iklan, maka kita pun mendapatkan nilai dolar tambahan.

Contoh pendapatan kita bila bergabung dalam salah satu PTC :

Anda Klik 10 iklan per hari = $ 0,10
20 downline klik 10 iklan per hari = $ 1,00
Pendapatan anda per hari = $ 1,10
Pendapatan anda per bulan = $ 33,00
Pendapatan anda per Tahun = $ 396,00

Contoh di atas bila kita hanya bergabung dengan salah satu PTC, bagaimana jika anda bergabung dengan lebih dari satu PTC ? hitung sendiri penghasilan anda per bulannya sesua dengan banyaknya PTC yang anda ikut.

BayBux :

standard
$ 0.01 per click
$ 0.008 per referral click
Premium
$ 0.15 per click
$ 0.1 referral click
Minimum payout is $ 5.00

OccupEx :

standard
0.01 per click
0.005 per referral click
Premium
0.0125 per click
0.01 referral click
Minimum payout is $ 1.00

BUXOUT :

standard
0.01 per click
0.005 per referral click
Premium
0.012 per click
0.01 per referral click
Minimum payout is $5.00

247BUX

standard
0.01 per click
0.005 per referral click
Premium
0.012 per click
0.01 per referral click
Minimum payout is $ 1.00

RoudyCash :
RoudyCash.com
standard
0.01 per click
0.005 per referral click
Premium
0.012 per click
0.01 per referral click
Minimum payout is $ 2.00

ThinkBux :

ThinkBux.com!

standard
0.01 per click
0.005 per referral click
Premium
0.012 per click
0.01 per referral click
Minimum payout is $ 5.00

Ara-Bux :

standard
0.01 per click
0.01 per referral click
Premium
0.0125 per click
0.0125 per referral click
Minimum payout is $10.00

KlikRupiah :
Rp. 100,00 per click


Selamat menyusuri internet dan meraup dolar...
Share:

Lupa Password Email Yahoo

Yahoo Mail yang memang digunakan gratis oleh siapa saja pengguna internet di seluruh dunia sehingga siapapun juga dapat dengan mudah membuat sebuah akun email yahoo.
Dengan begitu para pengguna internet tentu memiliki aku email khususnya yahoo dan tidak hanya satu akun bahkan lebih dari dua akun email.

Karena setiap pengguna internet kadang memiliki lebih dari satu akun maka kemungkinan akan lupa password bisa saja terjadi, apalagi setiap aku email menggunakan password yang berbeda-beda. Disatu sisi bila di catat di lembar kertas takut akan ketahuan orang lain atau pihak-pihak yang tidak berkepentingan namun disisi lain otak manusia memiliki batas untuk mengingat sehingga kadangkala password bahkan id email pun ikut lupa.

Pada artikel ini memberikan solusi bagaimana cara untuk mengubah password email dengan kata lain mengganti password yang terlupakan.
Bagi yang mengalami lupa password, keliru password silahkan ikuti langkah berikut untuk menggantinya dengan password yang baru.




Klik di sini kemudian klik Sign In dan lanjutkan dengan klik "I can't access my account"


 

Langkah berikutnya tentukan pilihan permasalahan yang sedang dihadapi seperti Lupa Password (I forgot my password), password tidak dapat digunakan (My password doesn't work), Lupa Yahoo ID (I forgot my Yahoo ID) dan Permasalahan dengan akun saya (My account may have been compromised). Tentukan pilihan "I forgot my password" karena kita akan mengganti password baru untuk akun email kemudian klik Next.

 

Langkah berikut masukan atau ketik ID yahoo anda serta ketik kode yang tertera dibagian bawahnya secara lengkap dan klik Next.

 

Selanjutnya pilih I can't access any of the above dan klik Next

 

Lengkapi data diri anda seperti tanggal, bulan dan tahun lahir (birthday), nama negara (country of recidence) dan kode pos (postal code) kemudian klik Next.

 

Langkah berikutnya adalah memasukan jawaban atas pertanyaan yang sudah kita buatkan sewaktu membuat aku email di yahoo pertama kalinya. Jawab pertanyaan pertama kemudian klik Next.

 

Berikutnya jawablah pertanyaan kedua dan klik Next

 

Setelah memasukan jawaban atas kedua pertanyaan di atas maka selanjutnya kita akan menuliskan password baru sebagai password yang sudah lupa alias password baru dan klik Next. Ketik password baru pada New Password dan ulangi ketik password pada Re-type New Password.

 

Langkah berikut ini adalah menentukan alamat email yang digunakan sebagai email utama pada akun kita. Tentukan salah satu pilihan alamat email kemudian klik Next.

 

Klik Continue untuk masuk ke akun email anda.

 

Selesai...
Share:

Tips dan Trik Burn Compact Disk

Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya selama menggunakan cd sebagai media penyimpan data berupa software-software yang saya gunakan dalam perbaikan (service) komputer baik di tempat kerja maupun komputer rumahan.

Membakar compact disk (cd) adalah hal yang mudah untuk dilakukan namun taukah anda bahwa bagaimana caranya agar dengan membakar cd dan data yang tersimpan di cd lebih awet dan tahan lama.
Sebenarnya hal ini terasa sepele namun pada prakteknya ternyata memberikan manfaat yang lumayan bagus karena hasil bakaran (burning) dapat menyimpan data dalam cd hingga bertahun-tahun.

Agar diperolehnya hasil yang memuaskan dalam burning cd maka sebaiknya untuk burning cd digunakan kecepetan tulis (writing speed) yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah.
Misalnya kecepatan tulis maksimumnya cd-rw adalah 24X (3600 KB/s) dan kecepatan minimumnya adalah 10X (1500 KB/s) maka sebaiknya jangan menggunakan kedua kecepatan tersebut dalam me-burning cd, akan tetapi gunakan kecepatan di antaranya yaitu 20X (3000 KB/s) atau 16X (2400 KB/s).


Terbukti bahwa setelah saya me-burning cd dengan kecepatan tulis yang berbeda yaitu 1 kepingan cd dengan kecepetan maksimum dan 1 kepingan cd dengan kecepatan 16X, maka hasilnya adalah cara pembakaran dengan kecepatan 16X lebih awet dibandingkan dengan kecepatan tulis maksimum yang saya gunakan dalam burning cd.

Untuk burning cd menggunakan kecepetan 16X ikuti langkah berikut :
Jalankan Nero StartSmart (yang saya gunakan Nero 7)



 Tentukan model atau tipe cd yang hendak anda burn, misalnya data cd, mp3 cd, video cd atau lainnya. Kemudian masukan atau tambahkan (Add) file-file yang hendak di burning di cd dan klik Next.

 
Pada langkah ke 3 ini kita menentukan kecepatan tulis dalam me-burning cd, pada gambar di bawah ini terlihat ada beberapa kecepatan tulis yaitu 24X, 20X, 16X dan 10X.



Pilih kecepatan 16X agar hasilnya lebih awet dan tahan lama.

Untuk menjaga agar cd yang sudah diburning lebih tahan lama, tidak hanya dalam cara pembakaran saja melainkan juga harus diperhatikan pada cara penggunaan dan merawatnya.
Jika sedang tidak digunakan sebaiknya cd diletakan pada tempatnya (cover cd) agar terhindar dari gesekan yang menyebabkan permukaan cd tergores sehingga mengurangi daya magnetis yang ada pada permukaan cd.
Selain itu cd tidak boleh diletakan berdekatan dengan benda-benda yang memiliki daya daya tarik (magnet) seperti speaker.
Share:

Cara Menghapus Foto Kiriman Teman di Facebook

Facebook sebagai media pertemanan online atau situs jejaring sosial menunjukkan begitu bermanfaatnya sebuah media internet yang berfungsi untuk mempertemukan antara seorang dan seorang yang lain dengan sangat mudah.

Aplikasi facebook tidak hanya menampilkan status-status berupa tulisan saja tetapi juga di setiap profile dilengkapi dengan foto-foto maupun video serta aplikasi tambahan lainnya.

Foto-foto yang terpasang pada profile kita bisa saja diupload oleh pemiilik sah facebook itu sendiri akan tetapi ada juga foto yang diperoleh dari kiriman seorang teman. Tidak masalah bila foto tersebut adalah foto yang wajar, namun akan berbeda bilah foto yang dikirimkan adalah foto yang tidak kita sukai atau foto yang mengandung unsur penghinaan atau foto yang tidak pantas dan tidak sesuai dengan keinginan kita.
Foto-foto kiriman dari teman ini dikenal dengan tag.

Apabila foto-foto yang dikirim teman anda dan tidak anda sukai maka sebaiknya cepat-cepatlah menghilangkan foto tersebut dari profile anda dan berikut ini cara menghapus foto, baik foto yang dikirim dari seorang teman maupun menghapus foto yang anda upload sendiri.

Perhtikan pada facebook anda pada tab photos akan terlihat ada dua bagian foto yaitu yang paling atas adalah foto-foto yang dikirim oleh seorang teman di facebook, sedangkan foto-foto bagian bawah adalah foto-foto yang kita upload sendiri.



Menghapus foto kiriman Teman

Klik salah satu foto kiriman teman yang hendak kita hapus, kemudian perhatikan pada bagian bawah foto tersebut terdapat nama-nama yang ditandai oleh teman yang melakukan upload foto tersebut, dan salah satunya adalah nama anda.

Disebelah kanan nama anda ada tulisan Remove Tag untuk facebook yang menggunakan bahasa inggris dan tulisan Hapus Tanda untuk facebook yang menggunakan bahasa indonesia. Klik saja Remove Tag/Hapus Tanda untuk menghilangkan foto dari daftar foto kita (lihat gambar di bawah ini).



Menghaspu foto pada albums

Klik salah satu album yang akan kita hapus salah satu foto yang ada di dalam album tersebut, selanjutnya pilih salah satu foto yang akan dihapus kemudian. Perhatikan pada bagian bawah foto tersebut terdapat tulisan Delete this Photo.

Klik Delete This Photo, apabila muncul pesan konfirmasi penghapusan foto tersebut maka pilih Delete untuk menghapus secara permanen dan klik Cancel apabila anda batal menghapus foto tersebut.
Berikut artikel yang mungkin anda butuhkan :
Share:

Jadwal Waktu Sholat

TIME WIB

TV EDUKASI LIVE

Popular Posts

Recent Posts

Pages